Skip to main content
Experience Lab Grown Diamond

Perbedaan Intan dan Berlian, Jangan Sampai Salah Ya!

Perbedaan Intan dan Berlian

Tahukah kamu apa perbedaan intan dan berlian? Masih banyak orang yang mengira jika berlian dan intan itu sama, padahal keduanya berbeda.

Walaupun sama-sama batu mulia, tetap ada perbedaan antara kedua benda ini. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Intan dan Berlian

Sebelum ke pembahasan perbedaan intan dan berlian, kami akan menjelaskan terlebih dahulu definisi masing-masing kedua benda ini untuk memberikan sedikit gambaran.

Intan adalah batu permata berkilau berbentuk kristal yang berasal dari karbon murni. Tekstur intan sangat keras bahkan memiliki skala kekerasan yang paling tinggi sekitar 10 MOHs.

Biasanya, intan digunakan sebagai dasar pembuatan permata cincin, bros, kalung, gelang, dan perhiasan lainnya.

Sedangkan, berlian adalah intan yang mengalami proses pengasahan yang baik sehingga menjadi indah karena kemilau cahaya.

Berdasarkan definisi tersebut, secara garis besar kamu sudah tahu apa perbedaan intan dan berlian. Tetapi, supaya lebih paham lagi kami akan memberikan penjelasan tambahan.

Perbedaan Intan dan Berlian

Pada dasarnya intan itu adalah bahan baku pembuatan berlian. Dengan begitu, dapat kita katakan bahwa intan adalah awal mula terbentuknya berlian. Sedangkan, berlian adalah hasil dari pengolahan intan.

Intan sendiri berupa kristal kasar yang tersusun atas karbon bumi yang terpendam selama jutaan tahun dan telah melewati proses kimiawi. Pada umumnya, intan berbentuk seperti prisma.

Untuk proses pembuatannya sendiri membutuhkan proses yang sangat panjang dan keahlian khusus. Bahkan untuk membuat satu intan harus melakukan penambangan hingga berbulan-bulan lamanya.

Selain itu, perbedaan intan dan berlian terlihat dari harganya. Intan jauh lebih murah karena belum menjadi produk perhiasan.

Apakah Bisa Membeli Berlian Mentah?

Setelah mengetahui perbedaan intan dan berlian, mungkin kamu juga bertanya-tanya apakah kita bisa membeli berlian mentah atau intan yang belum jadi perhiasan? Jika memang bisa bagaimana prosesnya?

Perlu untuk kamu ketahui, pada umumnya berlian mentah ini tidak dijual kepada perorangan. Berlian mentah biasanya dijual kepada perusahaan yang mengolah berlian.

Barulah hasil olahan berlian inilah yang dijual kepada konsumen atau yang kita kenal dengan sebutan intan. Untuk pengukuran sendiri, intan menggunakan satuan karat, yang mana satu karat ini sama dengan 0,2 gram.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan intan dan berlian. Keduanya jelas-jelas berbeda, maka jangan sampai salah membedakannya.

Dapatkan Perhiasan Cantik Hanya di Sol et Terre

Bagi kamu yang sedang mencari perhiasan cantik berbahan berlian, baik itu gelang, kalung, cincin, maupun yang lainnya dengan kualitas bagus, semuanya bisa kamu dapatkan di Sol et Terre.

Tentu saja semua perhiasan yang tersedia adalah perhiasan asli, bukan imitasi. Kamu bisa membelinya dengan harga terbaik.

Untuk mengetahui produk selengkapnya, langsung saja kunjungi akun instagram Sol et Terre sekarang juga.