Skip to main content
Experience Lab Grown Diamond

Inilah Perbedaan Berlian Asli dan Palsu yang Bisa Dikenali

Inilah Perbedaan Berlian Asli dan Palsu yang Bisa Dikenali

Berlian merupakan perhiasan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap wanita. Namun, harganya yang tidak murah membuat berlian sangatlah beresiko, sehingga penting mengetahui berlian asli dan palsu.

Kami selaku pemilik toko berlian lab selalu memberikan edukasi agar pembeli bisa membedakan berlian palsu dan asli. Hal ini seharusnya sudah menjadi pengetahuan umum yang wajib para pecinta berlian miliki

Jika kamu berencana membeli berlian natural maupun lab grown diamond, maka kamu bisa cek keasliannya. Yuk, uji berliannya dengan cara mengetahui di bawah ini.

Perbedaan Berlian Asli dan Palsu

Pada dasarnya, membedakan berlian asli dan palsu cukup sulit jika melihat dengan mata telanjang. Namun, ada teknik tertentu untuk mengenali perbedaannya. Berikut ini bedanya berlian asli dan palsu, antara lain:

1. Anti Pecah dan Anti Goresan

Berlian merupakan jenis logam tambang yang terkenal kuat dan tidak mudah pecah meski terjatuh. Begitu pula dengan berlian lab yang memiliki kekuatan yang sama dengan berlian natural dari hasil penambangan.

Selain itu, berlian asli juga tidak mudah tergores. Kamu bisa tes keasliannya dengan menggoreskan amplas, jika berlian tersebut tergores berarti itu berlian palsu.

2. Refleksi Cahaya dan Warna

Diamond asli dapat merefleksikan cahaya yang menyebar ke berbagai sisi, sehingga membuatnya tampak berkilau. Selain itu, berlian asli juga memiliki pantulan warna putih dan abu-abu jika melihat lurus dari atas berlian.

Jika kamu melihat lurus dari atas berlian tetapi pantulan warna pelangi, maka berlian tersebut kemungkinan besar kualitasnya rendah dan bahkan palsu.

3. Test Embun dan Uap Panas

Berlian natural maupun berlian lab asli ketika uji tes embun atau fog test tidak akan berembun. Embun menghilang saat kamu hembuskan uap. Hal ini karena berlian asli tahan panas dan bersifat penghantar panas.

Sementara berlian palsu, ketika kamu hembuskan uap panas akan berembun dan bertahan beberapa detik. Itulah perbedaan dasar berlian asli dan palsu.

4. Tidak Bisa Tenggelam

Uji test keaslian berlian natural maupun berlian lab selanjutnya adalah masukkan ke dalam air. Jika berlian tenggelam, maka berlian tersebut asli. Sebaliknya, jika berlian palsu justru mengambang ke permukaan air.

Namun, perlu kamu ingat, pengujian ini hanya berlaku pada berlian mentah atau bentuk satuan utuh, belum ada campuran logam apapun.

5. Perbandingan Harga Berlian

Harga berlian asli cenderung mahal karena pembuatannya memerlukan proses tidak sebentar. Oleh karena itu, wajah jika harga perhiasan berlian asli mahal.

Sementara itu, harga berlian palsu jauh lebih murah atau harga berada di bawah pasaran berlian asli. Jadi, jangan tergiur dengan tampilan berlian bersih tanpa cacat tetapi harga berlian sangat murah.

Bagaimana dengan jenis lab grown diamond? Pada dasarnya, berlian lab memiliki kualitas dan keaslian yang sama seperti berlian alami dari tambang. Hanya saja, proses pembentukan berlian lab ini di laboratorium.

Kualitas berlian alami biasanya berdasarkan kategori 4C, yaitu color, cut, clarity, dan carat. Kategori 4C juga telah diterapkan pada lab grown diamond sehingga memiliki kualitas yang sama bagus dengan berlian alami.

Ingin membeli berlian Yuk, hubungi Sol et Terre! Kamu juga bisa berkonsultasi terkait berlian asli dan palsu, loh! Informasi detail, kunjungi IG @sol.et.terre.