Skip to main content
Experience Lab Grown Diamond

3 Kelas Warna Kilau Berlian Asli dari Sol et Terre

3 Kelas Warna Kilau Berlian Asli dari Sol et Terre

Berlian merupakan batu permata langka yang melambangkan cinta dan kesetiaan. Kilau berlian asli yang begitu mempesona menjadikannya sebagai batu berharga yang kerap jadi bahan primadona untuk perhiasan.

Ada banyak variasi warna berlian. Intensitas setiap warnanya juga berbeda-beda, sehingga diklasifikasikan dalam skala yang unik. Hal yang sama juga berlaku untuk berlian lab seperti yang digunakan pada perhiasan dari Sol et Terre.

Lantas, apa saja kelebihannya? Yuk, simak lebih lanjut.

Kilau Berlian Asli dari Sol et Terre

Berhubung berlian lab memiliki ciri fisik, visual, dan kandungan kimia yang sama dengan berlian asli, maka penggolongannya mengikuti sistem kelas warna D-Z.

Sol et Terre menggunakan berlian tanpa warna dan berkualitas tinggi yang termasuk dalam kelas D-E-F. Berikut penjelasan mengenai tiga kelas warna kilau berlian asli tersebut:

1. Warna D 

Berlian dengan warna D melambangkan kesempurnaan. Berlian yang termasuk dalam kelas ini memiliki tingkat kemurnian warna paling tinggi. Jadi, sudah barang pasti jika kilau berlian asli kelas ini adalah yang paling memukau.

Kelas warna D merujuk pada berlian colorless, yaitu berlian yang tidak memiliki warna tertentu. Apabila kamu mengamati dengan mata telanjang, maka sekilas kelas warna D tampak mirip dengan E dan F.

Kilau berlian asli kelas D terlihat paling cantik saat berpadu dengan emas putih dan platinum. Hal ini karena warna putih dari dua logam tersebut mampu menonjolkan kualitas berlian tanpa warna.

2. Warna E

Kilau berlian asli warna E secara visual sama cantiknya dengan warna D. Tingkat kemurnian warna berlian yang termasuk kelas ini juga sangat tinggi.

Saat kamu mengamati dengan mata telanjang maupun menggunakan perbesaran sepuluh kali, berlian warna E tidak akan menunjukkan adanya rona warna kuning sama sekali.

3. Warna F

Kilau berlian warna F juga sangat memukau. Berlian yang termasuk dalam kelas ini memiliki beberapa tone warna, tapi tidak akan terdeteksi oleh orang awam.

Meskipun tergolong sangat langka dan memiliki kemurnian tinggi, jenis berlian warna F harganya lebih terjangkau daripada kelas D dan E. 

Maka, kamu bisa memilih perhiasan dengan berlian warna F apabila ingin melengkapi penampilan dengan kilau berlian asli berkualitas tinggi dengan budget lebih hemat.

Selain memperhatikan skala warna, tingkat klaritas juga menentukan kualitas kilau berlian asli. 

Sol et Terre menggunakan berlian dengan rentang klaritas terbaik yang menandakan tidak adanya kecacatan yang tampak. Berikut rentang klaritas berlian Sol et Terre:

  • FL (Flawless): tidak memiliki kecacatan internal maupun eksternal yang tampak oleh pengamatan grader terlatih pada 10 kali perbesaran
  • IF (Internally Flawless): sempurna secara internal, tapi bisa memiliki noda kecil pada permukaan yang tampak pada pengamatan dengan perbesaran
  • VVS1 (Very Very Slightly Included first degree): memiliki inklusi sangat kecil yang sulit untuk terlihat bahkan pada pengamatan dengan perbesaran
  • VVS2 (Very Very Slightly Included second degree): tingkat yang berada tepat di bawah VVS1.

Itulah pemaparan tentang kualitas kilau berlian asli dari Sol et Terre. Yuk, segera dapatkan perhiasan cantik dengan berlian terbaik. Cek ikuti update terbaru kami di IG Sol et Terre.