Skip to main content
Experience Lab Grown Diamond at Bridestory market 5 - 8 September 2024

Beda Berlian Dan Berlian Lab, Worth It Yang Mana?

Beda Berlian Dan Berlian Lab, Worth It Yang Mana?

Berlian Lab belakangan menjadi bahan perbincangan masyarakat karena inovasinya yang cukup menarik. Berlian Lab atau yang lebih dikenal dengan berlian sintetis ini disebut sebagai salah satu solusi yang ramah lingkungan. Memangnya, apa sih beda Berlian dan Berlian Lab?

Walaupun keduanya sama-sama Berlian dan secara fisik nampak sama persis, ternyata keduanya memiliki beberapa perbedaan lho. Apa saja? Berikut informasinya.

Beda Berlian dan Berlian Lab

Berlian konvensional didapatkan dari aktivitas pertambangan. Untuk mendapatkan 1 karat berlian dengan hasil tambang ini diperlukan konsumsi air, energi dan juga lahan yang sangat besar. Apalagi dengan penggunaan alat berat dengan konsumsi bahan bakar yang juga besar dan menghasilkan polusi udara.

Sedangkan Berlian Lab adalah berlian yang dikembangkan dan dibuat di laboratorium dengan menggunakan proses kimia sehingga tampilan berlian tampak identik alami dilihat dari struktur dan tampilannya tanpa menghasilkan polusi dan kerusakan lingkungan lainnya.

Kelebihan Berlian Lab Dibanding Berlian Biasa

Kualitas Lebih Unggul

Tak seperti Belian dari hasil tambang, Berlian Lab dapat diproduksi untuk memenuhi kualitas tertentu sehingga dapat memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan Berlian biasa. Diproses lebih cermat di laboratorium sehingga cacatnya akan lebih sedikit.

Proses Lebih Cepat

Kelebihan lainnya yaitu prosesnya juga terbilang singkat dibandingkan Berlian hasil tambang. Berlian hasil tambang membutuhkan waktu yang cukup panjang dan melewati berbagai macam proses ekstraksi hingga menghasilkan Berlian.

Ramah Lingkungan

Dilihat dari segi lingkungan pun, Berlian Lab jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan Berlian biasa. Pasalnya, karena tidak dilakukan aktivitas penambangan dimana membutuhkan banyak energi, lahan, air hingga bahan bakar. Berlian Lab lebih ramah lingkungan dan ini yang menjadikan kelebihan utama dari Berlian Lab. 

Harga Lebih Terjangkau

Selain ramah lingkungan dan dapat menjaga kelestariannya, perhiasan yang terbuat dari Berlian Lab juga masih cukup terjangkau dibandingkan dengan Berlian biasa. Meski begitu, Berlian Lab ini dilihat secara fisik tetap sama.

Yang menjadi perbedaan hanyalah Berlian hasil tambang mengandung sejumlah Nitrogen dan Boron serta partikel alami lain yang terperangkap sehingga menyebabkan warna Berlian memiliki semburat warna kebiruan.

Mengapa Harus Mempertimbangkan Pembelian Berlian Lab?

Dilihat dari segi fisik dan optik yang sama apalagi kualitas yang dapat jauh lebih tinggi daripada Berlian alami, mempertimbangkan membeli perhiasan Berlian Lab memang patut diperhitungkan. Tidak sampai disitu saja, bahkan dari segi harga yang cukup jauh lebih terjangkau.

Selain itu, anda mungkin akan mempertimbangkan Berlian Lab dalam menjaga keberlangsungan lingkungan.

Dapatkan perhiasan Berlian Lab berkualitas hanya di Sol et Terre. Kunjungi website resminya di https://soletterre.com/ dan pilih perhiasan untuk seseorang spesial seperti anda disini.