Skip to main content
Experience Lab Grown Diamond

Ternyata Ini Dia Metode Pembuatan Berlian Lab Indonesia (Lab Grown Diamond)

Ternyata Ini Dia Metode Pembuatan Berlian Lab Indonesia (Lab Grown Diamond)

Saat ini hadir berlian lab atau yang juga disebut dengan Lab Grown Diamond sebagai suatu inovasi terbaru berlian indah yang memiliki harga lebih terjangkau daripada natural diamond serta lebih ramah lingkungan. Lab grown diamond adalah berlian yang segala proses pembentukan atau pembuatannya dilakukan di laboratorium. Sekarang ini tidak sulit untuk mencari produk-produk berlian lab Indonesia, salah satunya yaitu Anda bisa membelinya di Sol.et.terre.

Salah satu tujuan utama dari diciptakannya berlian lab grown adalah untuk menghadirkan berlian yang sama kualitasnya dengan berlian alami namun dengan menggunakan metode yang tentunya lebih efisien serta lebih etis. Membahas tentang berlian lab grown, mungkin Anda penasaran tentang proses pembentukan berlian lab grown. Melalui artikel ini, mari simak bersama-sama mengenai proses pembentukan/pembuatan berlian lab grown tersebut.

Pembuatan Lab Grown Diamond

Berlian lab grown diproduksi melalui berbagai proses dengan menggunakan teknologi canggih. Proses pembuatannya tersebut meniru pada kondisi alam dimana suatu berlian yang asli terbentuk di bumi, akan tetapi tempat pembuatannya dilakukan di laboratorium. Perlu diketahui bahwa terdapat 2 metode yang utama digunakan di dalam pembuatan berlian lab grown. Berikut ini adalah kedua jenis metode tersebut.

HPHT (High Pressure High Temperature) : Ini adalah metode yang menggunakan tekanan tinggi dan juga suhu tinggi untuk dapat melakukan transformasi dari karbon murni menjadi berlian

CVD (Chemical Vapor Deposition) : Metode yang melibatkan pengendapan gas yang memiliki kandungan karbon.

Kedua teknik atau metode di atas tersebut dapat menghasilkan berlian yang hampir mirip dengan berlian alami (natural diamond) secara fisik, kimia, dan juga optik.

Pemilihan Perhiasan Lab Grown Diamond

Ketika Anda memilih perhiasan berlian lab grown, pertimbangkan terlebih dahulu desain dan gaya perhiasan tersebut, apakah Anda ingin yang elegan, klasik atau yang modern dan unik. Pilihlah juga apa bentuk berlian yang Anda inginkan, apakah bulat, atau bentuk lain sesuai selera Anda. Selain itu, pertimbangkan juga kualitas berlian yang ingin Anda beli menggunakan penilaian 4C (Carat, Clarity, Colour, Cut). Pastikan juga berlian tersebut telah bersertifikasi resmi dari lembaga yang terakreditasi. 

Kesimpulan

Produksi berlian lab grown dijalankan di laboratorium dengan metode HPHT dan CVD disertai pengawasan ketat. Ini memungkinkan produsen menghasilkan berlian yang memiliki kualitas konsisten serta dapat dikendalikan, termasuk dalam hal kejernihan, karat, potongan, dan warna. Konsumen dapat memilih berlian lab Indonesia dengan kualitas yang sesuai dengan preferensi serta kebutuhan.

Sol.et.terre menjadi salah satu brand berlian lab grown Indonesia yang tepat untuk Anda pilih. Menawarkan berbagai koleksi perhiasan berlian lab grown yang memukau untuk wanita. 

Tidak hanya menonjolkan keindahan yang modern, Sol.et.terre juga fokus terhadap tanggung jawab lingkungan. Tersedia beragam desain berlian lab grown berupa cincin, anting, kalung, hingga gelang. Cek di katalog produk sekarang juga!