Skip to main content
Experience Lab Grown Diamond

Mengenal Lab Grown Diamond Jewelry Dan Perbedaannya

Mengenal Lab Grown Diamond Jewelry Dan Perbedaannya

Makin hari makin banyak pecinta perhiasan yang penasaran dengan jenis baru seperti lab grown diamond jewelry. Jenis perhiasan ini berbeda dari berlian tambang yang bisa dinilai dari lingkungan, perlakuan, kualitas, hingga dampaknya terhadap lingkungan masa kini. Ada banyak informasi menarik yang harus anda ketahui seputar perhiasan satu ini, simak selengkapnya berikut.

Mengenal Lab Grown Jewelry

Sebenarnya, apa itu lab grown jewelry ini? Sesuai namanya, perhiasan ini termasuk jenis baru yang mengambil nama, proses penciptaannya dilakukan di sebuah laboratorium khusus yang mana kemunculan dan peminatnya semakin meningkat semenjak tahun 2022. Sama seperti perhiasan pada umumnya, lab grown dapat digunakan untuk sehari-hari, dijadikan hadiah kepada pasangan, kebutuhan acara pertunangan sampai pernikahan. Akan tetapi, perhiasan satu ini memiliki manfaat lebih banyak bagi keberlangsungan lingkungan di masa mendatang.

Baca Juga : All Round Diamonds Hoop Earrings | Sol et Terre

Apa Bedanya Dibandingkan Berlian Alami?

Lab grown masih termasuk berlian asli, namun perlakuannya yang berbeda dibandingkan berlian pada umumnya. Berikut perbedaannya : 

Lingkungan

Perhiasan lab grown diciptakan di lingkungan yang terkendali, sementara berlian natural ditambang langsung dari dalam bumi. Berlian natural terbentuk lebih dari miliaran tahun di dalam bumi, sementara lab grown ini “diciptakan” lebih dari 3 hingga 6 minggu di laboratorium.

Keberlanjutan

Perbedaan paling mencolok dari lab grown adalah diklaim memiliki sifat berkelanjutan dan kemungkinan menjadi pilihan yang etis. Hal ini didasari oleh praktik pertambangan yang dinilai membahayakan dan merugikan lingkungan, sementara itu lab grown diyakini menjadi alternatifnya yang mampu meminimalisir konsekuensi buruk terhadap lingkungan dan masyarakat.

Harga lebih terjangkau

Dari segi harganya pun lab grown lebih ramah di kantong dan mudah ditemukan karena proses pembuatannya yang cepat.

Tips Menemukan Perhiasan Lab Grown

Lantas, bagaimana tips dan trik menemukan toko yang benar-benar menjual perhiasan lab grown ini?

Bersertifikasi

Pastikanlah bahwa laboratorium yang memproduksi berlian tersebut sudah mengantongi sertifikat resmi yang diakui oleh lembaga khusus bernama GIA (Gemological International Association).

Ramah lingkungan

Jika anda termasuk orang yang mengikuti gerakan ramah lingkungan, sebelum melakukan pembelian perhiasan lab grown wajib lakukan riset terlebih dulu dengan tujuan memastikan bahwa laboratorium tersebut tidak menggunakan energi terbarukan dalam pembuatan berliannya.

Kesimpulan

Kemunculan lab grown diamond jewelry di tengah lingkungan yang semakin hari tak terkendali ini menjadi opsi terbaik dan cermat baik untuk bumi maupun para penggemar perhiasan di seluruh dunia. Walau proses pembuatannya berbeda dari biasanya, bukan berarti keaslian perhiasan lab grown diragukan. Oleh karena itu, anda yang ingin beralih dari perhiasan konvensional ke perhiasan lab grown bisa langsung mengunjungi situs Sol et Terre untuk aneka kalung, bandul, anting, gelang, hingga cincin.